Review: Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Hello cantik 🙂

Welcome back to my blog dengan review skincare. Akhirnya sekitar bulan Juli aku memutuskan untuk beli exfoliation toner. Setelah cari info sesuai dengan kebutuhan akhirnya pilihanku jatuh kepada Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Gimana reviewnya? Mari kita baca lebih lanjut…

Kenapa beli?

FYI, skin type muka aku itu kombinasi. Dimana bagian T-Zone oily bahkan terkadang bisa kayak kilang minyak tapi bagian pipi luar itu justru kering. Parahnya, tahun 2018 inilah aku baru sadar kalau sebenernya mukaku juga termasuk sensitif. Selain itu dengan kondisi muka yang komedoan disekitar hidung dan pipi dalam lalu juga ada bekas jerawat ditambah dengan pori-pori yang terlihat besar gitu kan jadi aku merasa bener-bener butuh untuk menggunakan exfo toner dengan harapan ia bisa membantu mengurangi komedo dan mengangkat sel kulit mati di muka agar pori-pori di muka aku juga sedikit tersamarkan. Awalnya aku melakukan exfoliation itu menggunakan scrub tapi makin lama ternyata itu justru membuat mukaku jadi makin kering dan bruntusan. Oleh karena itu, aku memutuskan untuk mencoba chemical exfoliate.

About Product..

Ingredients AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

 

Merupakan salah satu brand dari Korea, COSRX AHA/ BHA Clarifiying Treatment Toner ini merupakan toner dengan kandungan bahan natural dan air mineral. Berfungsi sebagai exfoliating toner karena mengandung AHA BHA. Nah, kandungan AHA/ BHA nya sendiri itu cuma 0,1% jadi untuk yang memiliki kulit sensitif atau baru mencoba exfoliation toner bisa dibilang cukup aman.

Where to Buy?

Aku beli online disalah satu situs belanja gitu harganya sekitar Rp 190.000 tapi aku beli waktu dapat voucher sih haha jadi lumayanlah dapat diskon.

How to Use?

Jadi produk ini dikemas dalam bentuk botol plastik tebal gitu lalu dilengkapi dengan pump. Untuk penggunaan, biasanya aku semprotkan toner ini ke kapas dulu baru diusapkan ke muka. Kadang aku baca ada yang langsung di tap tap ke muka sih tapi aku personally prefer untuk disemprot ke kapas dulu baru usapkan ke muka karena ini exfoliasi toner jadi biar lebih berasa bersih.

Hasilnya?

Aku baru mulai pakai sekitar bulan Agustus dan ini sudah bulan Desember, artinya sudah sekitar 4 bulan aku pakai exfo toner dari Cosrx ini. Dan ini review bergantung pada pengalaman pribadi selama aku pakai ya, hasil bisa aja berbeda tergantung kulit masing-masing.

Untuk pemakaian aku hanya pakai malam hari dan itu hanya seminggu sekali. Kenapa? karena muka aku yang bisa dibilang tergolong agak sensitif ini aku takut kalau jadi over exfoliate. So far, sebenernya nggak masalah sih selama aku pakai seminggu sekali pun juga nggak timbul masalah aneh.

  • Bruntusan berkurang

Sebenernya waktu awal-awal banget aku pakai si Cosrx ini justru dahi aku itu bruntusan, tapi setelah coba lagi beberapa kali dalam waktu masih sama yaitu seminggu sekali atau biasa aku pakai setiap hari Sabtu yang ada justru kulit jadi makin bagus, berasa lebih bersih dan makin lama juga nggak bruntusan lagi. Kecuali kalau lagi “masanya” aja suka bruntusan tapi nggak banyak.

  • Komedo berkurang

Komedo udah jarang dong, tapi terkadang setelah 2 atau 3 minggu gitu juga lumayan lagi ada komedo tapi tidak separah dulu. Hanya saja, ini cukup membantu untuk whiteheads dan kurang berlaku untuk blackheads. Menariknya, setelah pakai exfo toner ini aku justru merasa lebih gampang untuk ekstrasi komedo jika dirasa komedo mulai bandel lalu jika sudah cukup bersih baru deh aku pakai hydrating toner biar kulit balik calm lagi.

  • Nggak bikin kulit kering

Mungkin karena frekuensi pemakaianku yang hanya seminggu sekali dan kandungan AHA BHA hanya sekitar 0,1% jadi exfo toner si Cosrx AHA/BHA ini masih cukup aman untuk kulitku yang tergolong agak nggak jelas ini haha. Nggak bikin kulit makin kering parah sampai merah-merah gitu. Aku lebih sering menggunakan exfo toner ini untuk bagian T-Zone dan sekitar pipi bagian dalam. Untuk bagian pipi bagian luar jarang.

  • Pori-pori belum tersamarkan

Sudah 4 bulan pemakaian juga pori-pori masih segitu aja ya meskipun terlihat lebih bersih tapi masih belum tersamarkan.

Jadi itulah hasil yang aku dapatkan setelah 4 bulan pemakaian dengan frekuensi pemakaian hanya seminggu sekali. Yang perlu diperhatikan adalah meskipun kandungan AHA/BHA nya masih tergolong rendah, penggunaan hydrating toner setelah menggunakan exfo toner itu sangat diperlukan loh ya. Bahkan wajib hukumnya. Apalagi jika digunakan saat pagi hari, wajib banget apply sunscreen.

Baiklah kita lihat sampai habis besok bagaimana hasilnya. Semoga bermanfaat dan see you next review 🙂

signature

6 thoughts on “Review: Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.